twitter rss

Cara Setting Mikrrotik (bagi2 ilmu)

Label:

Saya mau bagi pengalaman nich... Pengalaman saya pasang mikrotik tanpa setting (settingan default) tp sudah bisa connect internet Cara saya gini: Saya baru belajar mikrotik msh 2hari.. Ketika baru beli Mikrotik RB750 trz langsung deh saya pasang dgn susunan sbb: internet-->modem TP-Link TD-8817-->mikrotik RB750-->Access Point Blue-Link BL-R30G. di RB750 ether1: modem ; ether2: AP ; ether3: PC buat setting lwt winbox Perkiraan saya udah bisa lngsung connect internet dan ternyata blm ada komunikasi sama sekali (tp saya coba ping di IP modem dan mikrotik trnyta dah connect) Akhirnya saya otak-atik sendiri dgn bantuan mbah Google.. Otak-atik sana-sini akhirnya tambah g connect di mikrotik dan modem. saya coba reset di RB750, saya tekan2 trs trnyata ga ada reaksi. Kemudian saya browsing lg di mbah google dan dpt deh cara resetnya.. cara resetnya:
1. Lepas power RB750
2. Tekan reset dan tahan smbil power dihidupkan sampai indikator ACT mati
3. Selesai tekan resetnya (saat itu kondisi modem dan AP msih ON) dan ternyata blm bisa connect ke mikrotiknya...

Dengan agak emosi dan pusing saya matikan modem dan AP kemudian ulangi langkah cara reset tsb (dgn kondisi LAN di ethernet mikrotik msh terpasang) setelah proses reset maka otomatis RB akan reboot sendiri. Kondisi reboot trsbt modem dan AP saya nyalakan...
Dan setelah itu saya ping sdh bs connect smua, ternyata internetnya juga ikut connect... Trz saya cek di webbox mikrotik IP modem dan AP sdh masuk di situ.. Cara access webbox: 
1. Buka web browser anda 
2. Ketik 192.168.88.1 (IP default mikrotik) 
3. muncul tamplian awal dan login dgn usr name: admin ; password: kosongkan (kondisi default password kosong). 

NB: pengalaman itu saya msh coba dgn RB750, Modem TP Link, AP BLUE-link... Dan saya ga tau kl pake hardware lain bisa sukses pa ga....tp yg jelas dgn hardware tsb berulang kali saya coba bisa sukses... DAh...gini pengalaman saya moga bisa membatu terutama yg newbie kyak saya hehe... Kl ada pengalaman lain tlg dishare juga ya... 

Reset
Pertama remove smua settingannya di mikrotik.. caranya: 
1.buka winbox 
2.new terminal trz ketik system reset-configuration 
3.tunggu sampai restart 
4.remove configuration 
5.exit winbox. sekarang cara settingnya... 

1.buka winbox 
2.IP>Addresses (+) 192.168.1.2/24 (dgn asumsi IP modem 192.168.1.1) Interface: Ehernet 1 (dari Modem ke RB) 
3.IP>Hotspot & gt;servers & gt; Hotspot Setup Interface:Ethernet 2 (Dr RB ke AP/Switch Hub) Next & gt; Address: 1.1.1.1/26 (terserah anda) Next & gt; add Pool next & gt; Next trus smpai da DNS server> DNS server : Masukkan DNS dr ISP anda Next & gt; 3.IP & gt;Routes (+) Gateway: 192.168.1.1 (IP Modem) 
4. Uncentang Cokies di Hotspot server 
 Sekian dulu pengalaman saya 
   thnks..

Posting Komentar

Adsense Indonesia
mails-money.net